Rabu, 18 Agustus 2010

PETUNJUK NABI DALAM BERPUASA

Petunjuk puasa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah petunjuk yang paling‎
sempurna, paling mengena dalam mencapai maksud, serta paling mudah ‎penerapannya
bagi segenap jiwa.‎
Di antara petunjuk puasa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada bulan ‎Ramadhan
adalah :‎
Memperbanyak melakukan berbagai macam ibadah. Jibril'alaihis salam senantiasa
membacakan Al-Qur'anul Karim untuk beliau pada bulan Ramadhan; beliau juga
memperbanyak sedekah, kebajikan, membaca Al-Qur'anul Karim, shalat, dzikir, ‎i'tikaf dan
bahkan beliau mengkhususkan beberapa macam ibadah pada bulan Ramadhan, ‎hal yang
tidak beliau lakukan pada bulan-bulan lain.‎
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyegerakan berbuka dan menganjurkan ‎demikian,‎
beliau makan sahur dan mengakhirkannya, serta menganjurkan dan memberi ‎semangat
orang lain untuk melakukan hal yang sama. Beliau menghimbau agar berbuka ‎dengan
kurma, jika tidak mendapatkannya maka dengan air.‎
Nabi'shallallahu 'alaihi wasallam melarang orang yang berpuasa dari ucapan keji ‎dan caci-‎
maki. Sebaliknya beliau memerintahkan agar ia mengatakan kepada orang yang
mencacinya, "Sesungguhnya aku sedang puasa."‎
Jika beliau melakukan perjalanan di bulan Ramadhan, terkadang beliau ‎meneruskan
puasanya dan terkadang pula berbuka. Dan membiarkan para sahabatnya ‎memilih antara
berbuka atau puasa ketika dalam perjalanan. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam ‎pernah
mendapatkan fajar dalam keadaan junub sehabis menggauli isterinya maka beliau ‎segera
mandi setelah terbit fajar dan tetap berpuasa.‎
Termasuk petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah membebaskan dari ‎qadha'‎
puasa bagi orang yang makan atau minum karena lupa, dan bahwasanya Allahlah ‎yang
memberinya makan dan minum.‎
Dan dalam riwayat shahih disebutkan bahwa beliau bersiwak dalam keadaan ‎puasa. Imam
Ahmad meriwayatkan bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ‎menuangkan air
di atas kepalanya dalam keadaan puasa. Beliau juga melakukan istinsyaq ‎‎(menghirup air ke‎
dalam hidung) serta berkumur dalam keadaan puasa. Tetapi beliau melarang ‎orang
berpuasa melakukan istinsyaq secara berlebihan. (Lihat kitab Zaadul Ma'ad fi Hadyi ‎Khairil
‎'Ibaad, I/320-338 )‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar